Islam

Bidan juga [harus] paham Ad-din

بسم الله الر حمن الر حيم

Bu darah nifas apakah harus 40 hari? Kalau SC kan cepat berhenti darahnya,apa boleh sholat sebelum 40 hari setelah melahirkan?

Pertanyaan ini pernah diajukan oleh salah seorang ibu hamil kepada kami. Sebuah pertanyaan yang membuat ana agak mengalami kebingungan dalam menjawabnya.

***

Dalam dunia kebidanan, kami memahami bahwa masa nifas itu akan berlangsung lebih kurang 6 pekan lamanya, terhitung semenjak plasenta lahir hingga organ kandungan kembali seperti keadaan sebelum hamil. Ketika seorang ibu berada dalam keadaan nifas, ia akan mengeluarkan darah yang merupakan sisa jaringan selama hamil yang ada dalam rahim. Namun, darah yang dikeluarkan ini tidak selamanya akan berlangsung hingga 6 pekan. Ada tingkatan mulai dari yang betul-betul darah sampai kemudian perlahan berubah warna menjadi cairan bewarna putih, di mana keseluruhan proses ini akan berlangsung rata-rata  2 pekan.

Dari sisi medis, tentu seorang bidan insyaAllah telah paham tentang proses ini. Lalu bagaimana keterkaitannya dengan syari’at? Apakah bidan cukup, mencukupkan diri dengan pengetahuan kebidanannya saja, atau sudah seharusnya seorang bidan juga menguasai petunjuk syari’at yang berkaitan dengan ilmu tersebut?

***

Tidak sedikit ibu-ibu hamil menjelang proses persalinan mengalami kebingungan. Banyak di antara mereka  yang bertanya-tanya, seperti : Apakah ia masih diwajibkan untuk shalat ketika air ketuban telah merembes? Apakah jika sudah merasakan sakit namun belum disertai pengeluaran darah, keadaan tersebut telah masuk dalam proses persalinan, sehingga kewajiban shalat dan ibadah wajib lainnya itu menjadi gugur? Ana pernah memiliki pengalaman ketika praktek di sebuah rumah sakit, seorang suami  terdengar menghubungi salah seorang ustadz. Beliau menceritakan bagaimana kondisi sang istri yang mulai merasakan sakit akan melahirkan. Dan suami itupun bertanya,”Apakah istri saya masih diwajibkan untuk shalat, ustadz?”

Nah, sebetulnya ini adalah kesempatan bagi para bidan. Jika kita memiliki ilmu akan hal tersebut, maka ibu serta keluarga tentu bisa mendiskusikannya bersama kita. Apalagi kita yang menangani serta secara medis insyaAllah tahu persis akan kondisi ibu. Sehingga, ini bisa menjadi amal jariyah untuk kita.

bidan belajar dakwah

Pertanyaan yang pernah disampaikan seorang ibu di atas, membuat ana tersadar betapa pentingnya seorang bidan juga harus menguasai ilmu ad-din, terutama yang berkaitan dengan kehamilan, persalinan, dan nifas. Jika seorang bidan memiliki pemahaman yang baik tentang ilmu agama, maka hal ini tentu bisa menjadi ladang dakwah bagi mereka. Perlu diingat, bahwa dakwah itu bukan hanya tugas dari ulama/ustadz/ustadzah saja ya. Setiap kita memiliki amanah untuk menyampaikan ilmu dan mengajak pada kebaikan. Namun tentu dengan cara yang berbeda-beda, sebagaimana dr. Raehanul Bahrain pernah menyampaikan yang kira-kira redaksinya seperti berikut,

“Setiap kita memiliki jalan dakwah masing-masing. Baik itu dokter,bidan,perawat, ataupun profesi lainnya. Dan sudah seharusnya, kita bisa memaksimalkan peluang dakwah ini di ranah profesi kita masing-masing.”

Ana membayangkan betapa luar biasanya jika dua pemahaman ilmu, ilmu akhirat dan ilmu dunia, bisa hadir dalam diri setiap bidan. Dan akan lebih sempurna  ketika Al-Qur’an dan sunnah dijadikan petunjuk dalam memberikan pelayanan kebidanan.

Oleh sebab itu, mari para bidan kita pelajari ilmu agama. Karena bidan juga harus paham ad-din loh…

Bukittinggi, 13 Ramadhan 1438H
#bidanbelajardakwah

Advertisements

6 thoughts on “Bidan juga [harus] paham Ad-din

      1. Sekali sekali donk mbak ke Al-Kautsar lagi anak anak kangen 😀😀😀😅😅😅

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s