Bismillahirrahmanirrahim

Puskesmas Dupak,
25 Desember 2014, 3:00 pm

“Permisi…”
yang disapa pun tersenyum sebagai respon atas sapaan yang didengarnya
“Oh,lagi sama adeknya,ibu nya mana?”
“Ibu lagi di kamar mandi.”
“Oalah…Maaf ini namanya mbak siapa?”
“Della…”

5 detik pertama yang mengesankan
Sahabat perkenalkan,namanya adalah Della. Dia adalah seseorang yang baru beberapa jam yang lalu resmi menjadi seorang kakak. Setelah mungkin hampir 10 tahun ya,akhirnya Della memiliki saudara baru🙂

“Della,adiknya perempuan apa laki nih?”
“Perempuan…”
“Enaknyaaa… Bisa diajak main dong ya?” Della pun hanya tersenyum
“Della senang ya punya adik?” Della tersenyum lagi
“Hmm…Kira-kira nanti adiknya kalau udah besar mau diajak ngapain Del?”
“Mau diajak bersih-bersih rumah,” jawabnya begitu polos
“Wah.. bersih-bersih rumah? Della suka bersih-bersih bantu ibu yaa?”
Della senyum lagi dan lagi.

Sepertinya sebuah senyuman adalah jawaban yang paling indah dan mudah untuk mengiyakan ya Del,hihi…

“Ya,Allah rajin nyaaa… sip deh. Oh iya,Della sudah kasih nama belum buat adeknya?”
“Belum..”
“Loh kok belum? Umm..Della mau kasih nama siapa buat adeknya?”
Kali ini dia tidak hanya tersenyum,tapi senyum-senyum😀
“Eh,kata ayah nama adeknya Zahra Hafizah.”
“Zahra Hafizah? Hmm.. Della tau artinya apa ‘Zahra Hafizah’?”
Dan sang ayah pun datang sembari tersenyum ke arah Della

smile 2

Subhanallah,kadang aku begitu bahagia berbincang-bincang dengan setiap sahabat kecil baruku. Mungkin karena sudah lama sekali tidak berjumpa dengan adik-adik di Al-kautsar ya,jadinya setiap bertemu dengan anak yang sebaya dengan teman-teman,langsung deh ku introgasi😀 Dan introgasiku tidak terhenti pada percakapan di atas saja. Selanjutnya,ketika sang ibu telah berada di ruangan. Sembari menyelam minum air,sembari observasi si ibu,introgasi si kakak baru pun tetap berlanjut😀

“Wah,Della sudah pake kerudung ya?”
Komentarku ketika melihat dia yang tengah bersiap-siap seakan ingin kembali ke rumah bersama ayahnya.
“Iya mbak,dia sudah mulai kerudungan sejak umur 3 tahun.”
“Umur 3 tahun?” dengan nada yang sedikit kaget
“iya mbak,dia yang minta sendiri buat kerudungan.”
“Subhanallah… Della yang minta sendiri,bu?”
“Iya mbak. Trus kan sebentar lagi dia mau SMP. Nah,dari awal dia sudah bilang ke saya kalau nanti dia mau masuk sekolah yang semua teman-temannya juga memakai kerudung.”
“Ya Allah.. iyakah Della bilang gitu ke ibu?”
dengan senyuman seperti biasa,Della menjawab pertanyaanku

Dan sahabat tahu,Della telah memakai kerudung yang syar’i,menutupi dada.
That’s the point!

” Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman …, Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya,dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya). …”
An-nur (24) : 31

Gambar Lucu Hijab 5

“Della cita-citanya mau jadi apa?”
“Pramugari.”
“Wah,kenapa pengin jadi Pramugari,Del? Pengin bisa jalan-jalan ke luar negeri ya?”
“Iya..” jawab Della dengan malu-malu mau😀
“Tapi pramugari kan ndak ada yang kerudungan,ya kan mbak?” lanjut si ibu seperti  memberi sebuah penyataan namun juga seperti nada bertanya dan memastikan kepadaku
“Hmm… Ada kok Del. Pramugari ke Mekah🙂 Della mau?”
Lagi dan lagi Della pun tersenyum. Namun kali ini,ada binar harapan di matanya, ada rona bahagia di wajahnya. Subhanallah…

SONY DSC

5 detik yang mengesankan dan menit-menit berikutnya
Pertemuan dengan dialog-dialog yang mungkin sangat sederhana,namun syarat akan mutiara hikmah. Tentang Della yang begitu menanti hadirnya seorang adik,kasih sayangnya yang menemani si adik ketika sang ibu sedang beberes,keinginan Della untuk mengajak adiknya kelak membantu pekerjaan ibunda,dan tentang satu hal yang membuatku begitu iri padanya yaitu  keistiqomahan Della yang telah memakai kerudung sejak usia 3 tahun. Della yang memiliki harapan untuk terus menghijabi diri meskipun suatu masa nanti ketika ia insyaAllah menjadi seorang pramugari. Pramugari yang membersamai para jama’ah haji. Amin…

Kadang pelajaran berharga itu justru hadir melalui mereka yang jiwanya masih terhijabi dari abu-abunya dunia yang membuat lena ya,sahabat🙂

Finished at 4.55 pm
Ditulis ketika jaga sore,mumpung belum ada pasien yang lahiran,hehe😀