“Teman-teman tadi sudah lihat ya gimana mas Aldi dan mas Fatur makan. Nah,kira-kira menurut teman-teman,apakah cara makannya mas Aldi dan mas Fatur sudah benar?”
“BELUUUUM…”
“Kenapa belum?”
“Karena belum BACA DOAAA…”
“Teman-teman tahu,kalau kita tidak membaca doa,maka kita akan makan bersama siapa??”
“SETAAAN…”
“Trus gimana dong?”

Mereka hening sejenak…

“Nah ketika kita lagi makan ya dan ternyata lupa membaca bismillah dan doa,jangan khawatir teman-teman.😀 Kenapa? Karena…Rasulullah mengajarkan kepada kita untuk membaca doa ini ni : Bismillahi awwalahu wa aakhirahu. Pernah ya,ketika itu Rasulullah tersenyum melihat seorang sahabat yang ketika makan lupa membaca doa,lalu tiba-tiba sebelum makanannya habis,sahabat tersebut membaca doa tadi. Nah,kira-kira kenapa Rasulullah tersenyum??  :)

Karena… Rasululullah melihat setan yang dari tadi ikut makan bersama sahabat tersebut,tiba-tiba memuntahkan kembali apa yang telah ia makan.”

Wah,langsung deh mas Aldi dan mas Fatur membaca doa. Subhanallah…

“Oleh sebab itu teman-teman,hari ini mbak Riza ingin mengajak kalian semua untuk belajar gimana sih cara makan yang benar yang dicontohkan oleh Rasulullah.”

Ingin mengajak kalian semua untuk belajar,kata-kata ini kudapatkan dari sahabat jiwaku,mbak Tika. Sahabat tahu,kata-kata ini adalah kata-kata yang sangat ajaib. Kata yang bisa membuat semua mata tertuju padamu,hahaha…

Pilihan kata saat kita menyampaikan sesuatu,sungguh sangat akan berpengaruh terhadap si pendengar. Aku mohon maaf sebelumnya,bukan maksud ku mengajari,tapi hanya ingin menyampaikan sebuah pelajaran berharga yang kudapatkan. Sahabat,yuk mulai dari sekarang,kita ubah penuturan kita yang biasanya  “Sekarang buka bukunya halaman… Ayok kerjakan latihan halaman ini…” dengan kalimat yang lebih lembut dan santun,kalimat yang bersifat mengajak bukan memerintah,dan kalimat yang benar-benar memperlakukan mereka sebagaimana adanya seorang manusia🙂

Saatnya petualangan menyelami adab makan dimulai…

Perkenalan kami dengan adab makan di mulai dari : bagaimana ketika kita makan bersama,kita harus mendahulukan orang yang berada disebelah kanan terlebih dahulu,mengambil makanan yang paling dekat dengan menggunakan tangan kanan 3 jari,tidak berserakan ketika makan dan mengambil makanan yang terjatuh,tidak makan sambil nyender,menjilati jari-jari setelah makan,dan tidak mencela makanan tapi memujinya.

Meskipun belum semua adab makan kuperkenalkan karena banyak yang lupa,akibat tidak bawa buku -_-, alhamdulillah teman-teman sudah ada yang mengamalkannya. Namun,ada juga yang masih belum sehingga mereka pun bertanya-tanya

“Loh mbak,kalau kita makan bersama trus jilatin jari,kayak opo sih mbak?” Nayla
“Mbak kalau kita makannya seperti ini gimana mbak (Nisa mempraktikan bagaimana dia makan dengan posisi agak membungkuk dan setengah tidur. Agar ribet sih jika dijelaskan. Namun kebayang kan,sahabat?)”
“Trus kalau makanan di dalam plastik mbak,kan udah mau habis tu,trus gimana ngambil bagian pinggirnya mbak?” Nayla
“Kalau mbak Riza misalnya ndak suka makanannya,kayak pete,trus gimana mbak?” NaylaBila
“Mbak,kalau kita ngomong : yah.. ini lagi ini lagi lauknya,apa boleh mbak? Aldi
“Udah.. mbak Riza nya bingung ditanyain terus.” sahut Nisa.😀 Nisa tahu aja apa yang kurasakan,hihi..

Dan…

“Yaudah,beli makan di luar aja mbak yang enak.” Tiba-tiba si Fatur memberi jawaban sebagai titik terang dari semua pertanyaan tentang larangan mencela makanan😀
“Loh kalau ndak ada uang,piye mas?” balas Aldi

Ya,Allah.. sahabat tahu apa yang kulakukan saat mereka mengeluarkan argumennya masing-masing? Hanya senyum-senyum karena bahagiaaaa sekali. Dan senyum-senyum karena bingung mau jawab apa juga sih,hihi..

Adik-adikku,aku khawatir jika suatu hari nanti aku tidak bisa lagi menemani kalian untuk terus berlari menjemput cintaNya. Doakan mbak Riza yaa..

Alhamdulillah,setelah beberapa pertanyaan berhasil dijawab dan beberapa ditangguhkan,agenda selanjutnya adalah…Kenalan dengan Lapbook. Apa itu Lapbook? Silahkan sahabat googling ya.. Mungkin tulisan ku sebelumnya bisa memberikan sedikit informasi juga #promosi🙂

Nah,ketika ku perlihatkan kepada mereka Lapbook nya mbak Nesa yang sejatinya adalah hasil kumpulan karyanya mbak Nesa,mereka: Nisa,Nayla,Bila,Fatur dan Aldi,ternyata juga ingin membuat hal yang sama. Alhamdulillah trik ku berhasil untuk menarik perhatian mereka pada Lapbook😀 Ta’aruf dulu baru Nikah #Eh.. hahaha.. Sempat juga ada yang komentar seperti ini :

“Mbak,yang laki-laki mewarnai aja mbak.yang perempuan bikin gituan,soalnya susah mbak.” Sahabat pasti bisa tebaklah komentar siapa ini.
Siapa lagi kalau bukan  Fatur -_- wah seenaknya dewe. Ckckc…

Setelah disepakati tema untuk Lapbook kita adalah tentang makanan,tidak terasa waktu pulang sudah semakin dekat. #Wah bener-bener ndak ngaji ya hari ini.. Hmm…

“Teman-teman,waktu kita cuma tinggal 5 menit lagi. Sekarang,waktunya setoran hafalan surat Al-alaq yaa. Mbak Riza kasih waktu 5 menit. Minimal hafalannya nambah 5 ayat ya… “

Huaa.. langsung deh ketika itu,teman-teman meneruskan hafalannya. Mau tahu seperti apa suasana 5 menit terakhir memorizing Qur’an..

20140915_165951pada ndak mau di foto ni -_-

20140915_165904Bila,Nayla dan Nisaaa

23Aldi dan Fatur (Merah)😀

Subhanallah.. Ternyata udah ada yang hafal 1 surat penuh,yaitu… mbak Bila. Keren sekali… Sebelumnya mbak Bila telah hafal 10 ayat,berarti hari ini dalam waktu lebih kurang 5 menit,mbak Bila hafal 9 ayat.🙂 Semoga Allah selalu menguatkan hafalan mu ya sholihah. Teman-teman yang lain pun juga luar biasa loh.. Mbak Nisa yang kurang 1 ayat lagi aja,mbak Nayla yang sudah hafal 11 ayat,kemudain Fatur dan Aldi… Ini nih.. Duo cowok ganteng ini,mesti lah suka nawar-nawar. -_- Meskipun begitu,aku bersyukur mereka telah hafal 5 ayat.🙂 Semoga apa yang telah teman-teman hafalkan,bisa menjadi syafaat di akhirat kelak ya. Amin…

Nah,sebelum bubar pulang,ada satu lagi kejutan untuk teman-teman,yaitu… penganugerahan “Santri of This Week”. Telah lama kujanjikan pada mereka,akhirnya hari ini bisa terlaksana juga. Santri of This Week dengan kriteria : hafalannya bagus,bacaan tilawahnya bagus,aktif di kelas,tidak terlambat ngaji dan sering masuk kelas.

 “Teman-teman,bukan berarti yang tidak mendapatkan penghargaan ini,tidak bagus atau gimana. Kalian semua itu baik. Hafalannya bagus. Dan tiap-tiap kalian bisa kok menjadi Santri of this Week.Namun kali ini hanya ada satu orang saja. Ndak papa ya..

Dan Santri of This Week kita yang perdana ini,jatuh pada…
Pada siapa yaa….

2

Selamat ya kepada Nayla,yang bahkan dia sendiri tidak mengira akan mendapatkannya😀

Ini lah mereka yang mengisi dan menghidupkan diriku

20140915_171418ya ampun Fatuuuur… -_-

The end..

***

Nantikan keseruan kami dalam membuat Lapbook pada cerita selanjutnya ya..

Surabaya,
8.23 am,18 September 2014