Untuk Eci,Ayu,Tutus,Ito,Dery,saudara fillah ku,serta Bu Ifa,Bu Ainun,dan Pak Slamet, terima kasih untuk semua pemikiran,tenaga,dan pengorbanan yang selama ini telah diberikan untuk adik-adik. Semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan kepada kita,agar terus tetap bisa mewarnai jiwa-jiwa yang suci ini,dengan kalimat-kalimat yang begitu indah dan agungnya. Amin ya Rabb..

15 Mei 2014,

Pukul 7.30
Seperti yang tertera dalam surat pengumuman yang dibagikan kemarin,7.30 adalah waktu yang dijanjikan untuk berkumpul di Al-kautsar. Tapi kok yang datang baru sedikit ya?? (wondering) Datang terlambat,kebiasaan yang masih sulit untuk kita ubah,ckckck -_-  Yah namanya juga kebiasaan ya (mencoba membela diri😀 ) Lanjut… Setelah menunggu hampir setengah jam,akhirnya teman-teman kecil pun berdatangan. Ternyata ya,meskipun hari libur,teman-teman mau meluangkan waktunya untuk datang ke TPQ🙂 Subhanallah… Terima kasih teman-teman kecil. Dan untuk teman-teman pengajar juga,meskipun terlambat,termasuk diriku -_- Alhamdulillah.. Baiklah cerita tentang kedatangan kita tinggalkan,hingga  tiba saatnya acara dibuka pukul 08.15 oleh Pak Slamet sang Ketua TPQ. Pembukaan yang berlangsung kira-kira 20 menit  itu cukup memberikan sedikit gambaran bagi teman-teman tentang sederetan kegiatan yang akan mereka lakukan hari ini.  “Ayok sih mbak,acara lombanya dimulai!” Dan komentar seperti ini pun berhamburan dari bibir para makhluk kecil ini sebagai bentuk respon dari apa yang dibicarakan oleh Pak Slamet.. Sabar toh cah yu…

Sebelum acara yang pertama dimulai,sek ice breaking dulu. Nah,mungkin beberapa sahabat pernah melakukan ice breaking dengan instruksi kira-kira seperti ini :
Ketika angin datang dari kiri,maka teman-teman miring ke kanan,begitu sebaliknya. Ketika angin datang dari belakang,maka teman-teman maju ke depan,begitu sebaliknya. Dan ketika ada angin ribut semua teman-teman harus berganti posisi dan tidak boleh berdampingan dengan teman yang sama sebelum datang nya angina rebut. Fahimna?😀

Ice breaking ini,jujur ya,dicopas dari sahabat-sahabat IYEs ku (Indonesia Youth Educators). Maaf ya sahabat IYEs,aku caplok idenya,hihi… #Aku mantan volunteer IYEs yang sekarang sudah mengundurkan diri,haha. Loh curhat? Setelah ice breaking selama kurang lebih 10 menit,kemudian teman-teman kecil dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok putra dan putri. Jika ada dua kelompok,berarti ada dua kegiatan yang berbeda dong? Ya,betul sekali sahabat. Akan ada dua kegiatan yang kita lakukan dalam waktu yang bersamaan. Kegiatannya apa? Rahasiaaa… hahaha.. Becanda😀 Yuk sahabat,mending dlihat foto-fotonya saja ya dari pada diceritakan😀 150520142437   150520142438   150520142436

Ini loh,teman-teman putri sedang mewarnai masjid impian mereka di masa depan.

Sahabat tahu,ternyata semua teman-teman kecil inshaAllah ingin membangun sebuah masjid. Subhanallah… Dan ketika ditanya kapan akan dibangun,ada yang jawab satu bulan lagi mbak! 4 bulan lagi mbak! Satu tahun lagi! Bahkan ada yang mau membangun 2 minggu lagi. Subhanallah.. Semoga di masa depan teman-teman bisa mewujudkan impiannya membangun masjid ya🙂 Sekarang kita design warna masjidnya dulu ya. InshaAllah masjid yang kita warnai pada media 2 dimensi ini,nantinya akan menjadi bangunan 3 dimensi. Amin ya Rabbal’alamin…

Trus gimana ya kabar teman-teman putra?
Wah… Ternyata,tidak kalah serunya sahabat. Kegiatan yang dipandu oleh Eci serta dibantu oleh Ayu,Tutus,Ito,dan Dery subhanallah semangatnya sampai ke lantai dua, ke tempat teman-teman putri yang sedang mewarnai. Lah iya,speakernya kan juga ada di atas za,jadinya kedengaran -_- pripun sih za,zaa…

Inilah mobil tiup kita…

150520142434

Para pembalap sudah siap meluncur nih. Wah… semangatnya rek sampai harus tiduran mas-mas ini

Alhamdulillah kegiatan pertama yang berlangsung kira-kira satu jam ini,akhirnya kelar juga. Setelah itu kegiatannya apa lagi? Nah,ceritanya tadi itu sebelum acara dimulai,ada sebagian teman-teman yang belum sarapan pagi. Yah…. Jadi,sebelum shalat Dhuha,temen-temen maem dulu. Maem gorengan. #Jadi ngiler -_-

Pukul 10.00,it’s time for Dhuha
Teman-teman putra sudah bersiap dalam shaf untuk melakukan shalat Duha. Temen-temen putri gimana? #Sebentaaaar… masih wudhu. 150520142443   Subhanallah ya sahabat,ketika melihat para mujahid-mujahidah kecil itu berwudhu, rasanya luar biasa. Ya Allah,betapa bersemangatnya. Jadi iri pada mereka😦 150520142441

Teman-teman putri sudah siap untuk shalat Dhuha nih …

150520142444

“Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku”
QS Az-Zariyat (51) : 56

Setelah menyelesaikan shalat Dhuha,kegiatan selanjutnya adalah… Saatnya untuk BERBAGI.

Kali ini,seluruh keluarga Al-kautsar akan keliling untuk berbagi sedikit rezeki yang dibawa teman-teman kecil dari rumah,sahabat. Walaupun panas terik menjelang dzuhur,tapi teman-teman tetap bersemangat untuk berbagi. Subhanallah

150520142446 Ini saat kita berhenti sejenak di salah satu gang

150520142451 Subhanallah mas Tian sedang berbagi dengan bapak yang jualan keset kaki

150520142447 Panas ya mas Vany,sampe pecinya di lepas? Hihi… Tapi tetap semangat!! Keren!!

Alhamdulillah,semua rezeki yang dibawa oleh masing-masing teman-teman sudah dibagikan semua. Nah sahabat,saat kita berbagi,ada satu celetukan unik dari teman kecil,namanya Mbak Ima yang masih PAUD

“Mbak,senang ya bisa bagi-bagi. Jadinya yang dapat,ndak perlu beli ke warung lagi”
“Hahaha.. iya ya,benar juga”
nb : Kebetulan rezeki yang dibagikan teman-teman adalah salah satu bahan sembako yang sering dikonsumsi,apalagi bagi anak kos😀

Subhanallah betapa polosnya pemikiran mereka .

Pukul 11.00,kembali lagi ke Al-kautsar
Meskipun sudah berjalan keliling gang dan capek,namun antusiasme teman-teman untuk melakukan kegiatan selanjutnya tidak sedikitpun berkurang sahabat. Aku saja yang sudah umur,sudah pegel dan bawaannya pengen duduk aja,hihi..#dasar… -_-

Selanjutnya ada apalagi? Ya,ini dia permainan kaki gajaaaah.😀 Kaki gajah? Iya kaki gajah,sek dilihat dulu foto-foto berikut 150520142455

150520142457 Nah,kira-kira sahabat sudah tau dan mendapatkan sedikit gambaran ya gimana permainannya? Jadi begini,ada dua kaki raksasa,di mana kemudian teman-teman harus berpindah dari satu kaki ke kaki yang lain. Dengan syarat,kakinya yang asli tidak boleh keluar dari kaki gajahnya. Siapa yang terlebih dahulu ke garis finish,dialah pemenangnya. Begitu sahabat. Ada yang masih kurang paham? :

Hayya ‘alas sholah…
waktunya shalat Dzuhur berjama’ah
Sahabat,ada kejadian yang cukup membuat hati tersentak sewaktu shalat. Aku tidak akan menjelaskan apa yang terjadi,karena kurang ahsan. Namun ibrohnya adalah ketika nasehat itu disampaikan dari hati,sebagaimana Bu Ifa menyampaikannya,maka sungguh ia pun akan sampai ke hati,kemudian menyentuh dan memeluknya.

Untuk mas Zidan,subhanallah betapa lembutnya hatimu sayang. Semoga mutiara yang keluar dari kedua bola matamu,akan menjadi saksi betapa dirimu sungguh mencintaiNya dan agama ini🙂

Yuk,kita lanjutkan… Setelah melakukan aktifitas yang cukup melelahkan dari pagi sampai siang,aku mau nanya kepada sahabat. Kira-kira perut siapa ya yang tidak laper??? Hahaha… artinya… Hayoo.. artinya apa??? 150520142459   150520142458

Nah iya,enaknya yang maem ayam plus mie plus nasi dan sirup -_- aku juga mau…

Pukul 13.00 finishing
Setiap ada awal pasti ada akhir. Ciee… Sederetan kegiatan telah kita lakukan hari ini. Mulai dari ice breaking,mewarnai,membuat mobil tiup,shalat Dhuha,berbagi rezeki, bermain kaki gajah,shalat Dzuhur berjama’ah,maem bersama,Alhamdulillah… Begitu banyak hal-hal yang berharga. Eh, sebelum tulisan ini ditutup dengan beberapa kata puitisku #huek,ada yang ketinggalan. Ini loh para pemenang dari lomba mewarnai,mobil tiup,dan kaki gajah.

WE ARE THE CHAMPION!! 150520142461 Dari kanan ke kiri : mbak Fayruz dan mbak Bella (pemenang lomba mewarnai),mas Fandi dan mas Tian (pemenang lomba kaki gajah),mas Reno (pemenang mobil tiup),mas Raffi,mas Azmi,dan mbak Bella (pemenang lomba kaki gajah). Eh tunggu,noh yang di belakang sendirian itu siapa ya? Wah ada penampakan mas Dery.hahaha

150520142464

Lihatlah binar cinta,semangat, dan tawa pada mata mujahid-mujahidah kecil ini,
Sungguh,hanya dengan melihatnya dirimu akan bahagia,
Percayalah kau akan bahagia sahabat

Bukankah untuk menjadi bahagia itu sederhana?

16 Mei 2014 at 12.30 am.
editing + finishing 16 mei 2014 at 12.45 pm.
Riza