Saat jenuh,gelisah,dan takut datang menggorogoti hati,pikiran,dan jiwamu,
ingatlah 3 hal ini :

Bangku kegelisahan

Kegelisahan pasti akan datang sekali waktu. Maka pada saat itu,tariklah bangku kegelisahanmu dan tempatkanlah ia di atas bukit yang paling tinggi. Duduklah di atasnya. Pandangilah langit untuk sesaat. Kemudian, biarkan panas kegelisanan itu menguap,menyatu,dan berkumpul bersama awan.  Biarkanlah bergelayut pada langit bumi. Dan dengan sendirinya,kau nanti akan melihat,ia musnah menjadi rintik keberkahan.

Loker cita-cita

Saat jiwa terasa kehilangan arah,ingatlah akan sebuah loker pada bintang di angkasa. Bukalah dengan kunci yang kau miliki. Bacalah kembali apa yang pernah kau tulis dan simpan di dalamnya. Bacalah lagi dan lagi,sampai kau berjumpa dengan sebuah titik yang akan mengingatkanmu akan sederetan mimpi yang tak sabar tuk dijadikan nyata.

Tungku semangat

Perhatikanlah matahari hidupmu. Tataplah apa yang pernah kau lukiskan pada sinarnya. Biarkan sejenak ia memanggil keindahan yang pernah ada. Sehingga,ketika bayangan kegagalan dan ketidakmampuan itu merekat erat pada hatimu,maka tentu kau akan bisa melukisinya kembali dengan sinar keberhasilan

Catatan training,
RK. Faal FKUA